Yang Perlu Anda Tahu Seputar Virus Flu Burung H7n9

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Virus Flu Burung H Yang Perlu Anda Tahu Seputar Virus Flu Burung H7N9

Badan PBB yang menangani urusan kesehatan WHO memberikan peringatan kalau virus Flu Burung H7N9 harus diwaspadai. Karena meskipun penyebaranya lambat virus yang awalnya menyerang warga China kemudian telah menyebar ke Taiwan kemungkinan mengancam kesehatan dunia.

Jika anda belum tahu banyak soal virus yang satu ini, simak tanya jawab seputar flu burung H7N9 menyerupai yang dilansir dari BBC berikut ini.

Seberapa jelek virus tersebut?
Sejak terdeteksi sekitar lebih dari satu bulan yang lalu, virus H7N9 sudah menginfeksi 100 orang lebih. Tak sedikit pula pasien yang meninggal. Bisa dikatakan virus flu burung ini ialah jerawat yang cukup berbahaya.

Apa gejalanya?
Gejala utama virus flu burung H7N9 ialah pneumonia akut. Virus tersebut juga mengganggu sistem imun dan memicu angin ribut cytokine. Keracunan pada darah dan kegagalan organ juga dapat terjadi akhir H7N9.

Apakah kita perlu khawatir?
Masih belum, lantaran hingga kini kabarnya virus hanya dapat menyebar dari unggas ke manusia. Beberapa unggas yang konkret H7N9 ialah ayam, bebek, dan merpati yang ditemukan di pasar China.

Apa yang harus diwaspadai?
Virus H7N9 gres dikatakan sebagai ancaman besar jikalau dapat menular ke sesama manusia. Sebab jikalau hal itu terjadi, virus akan lebih gampang menyebar ke seluruh dunia. Meskipun belum ada bukti virus menular ke sesama manusia, bukan tidak virus bermutasi dan kesannya cepat menyebar ke sesama manusia.

Apakah kasus virus flu burung sebelumnya?
Kasus virus flu burung terakhir terjadi pada tahun 1997. Virus dengan nama H5N1 sudah membunuh 300 pasien, meskipun kabarnya virus tersebut juga tak dapat menular ke sesama manusia.

Apa beda H5N1 dan H7N9?
H7N9 tidak terlalu mematikan jikalau dibandingkan dengan H5N1 yang telah membunuh 60 pasien yang terinfeksi. Namun H7N9 dapat jadi virus yang mematikan jikalau dapat menular ke sesama manusia. Perbedaan kedua ialah H5N1 menciptakan burung sakit dan mati, sementara H7N9 tidak. Kaprikornus cukup sulit mendeteksi H7N9 pada unggas.

Apa itu pandemi?
Pandemi ialah wabah yang menjangkit warga dunia dan serempak terjadi di mana-mana, mencakup tempat geografi yang sangat luas.

Apakah H7N9 juga merupakan pandemi?
Sekali lagi, H7N9 dapat jadi pandemi jikalau dapat menyebar ke sesama manusia. Penelitian terbaru menyampaikan bahwa H7N9 perlu mengalami lima mutasi untuk dapat menular ke sesama manusia. Sampai sekarang, dua dari lima mutasi sudah ditemukan. Sehingga bukan mustahil kalau tiga mutasi berikutnya dapat terjadi pada H7N9.

Ke mana saja H7N9 sudah menyebar?
Sementara ini, hanya China dan Taiwan saja.

Apakah kondusif berkunjung ke China?
Pihak WHO belum melarang perjalanan menuju China lantaran korban H7N9 masih termasuk dalam angka kecil.

Apakah warga dari negara lain dapat tertular?
Bisa, buktinya Taiwan. Penyebabnya ialah jikalau seseorang terinfeksi dikala berkunjung ke China. Kemudian gres mencicipi gejalanya sehabis kembali pulang ke negara asalnya.

Apakah ada vaksin H7N9?
Belum, namun sedang diusahakan. Perlu banyak waktu untuk membuatkan sebuah vaksin.

Apa arti H dan N pada virus?
Huruf H dan N maksudnya menggambarkan protein dan pelindung virus yang berjulukan hemagglutinin dan neuraminidase. Ada sekitar 16 H dan 9 N yang dapat bermetamorfosis banyak sekali kombinasi.

Itulah sekilas tanya jawab seputar virus flu burung H7N9 yang perlu anda tahu. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment