Suka Minuman Berenergi? Gagal Hati Dan Gagal Ginjal Akan Menghampiri

Karena gencarnya promosi minuman energi berhasil menarik simpati dikalangan masyarakat luas. Bukan hanya terbatas pada  bapak-bapak, kaum ibu, dewasa bahkan belum dewasa pun telah ketagihan minuman yang satu ini. Pemulihan tenaga secara instant ialah tujuan utamanya. Ketatnya kompetisi didunia kerja ialah salah satu sebabnya.





Kandungan yang terdapat dalam energydrink ialah penambah rasa, pelengkap buatan, pewarna, asam fosfat, kafein dan beberapa mineral. Minuman energi juga dilengkapi asam amino taurin dan karnitin yang diharapkan badan dalam proses metabolisme. Juga mengandung bee pollen, royal jelly serta ganggang spirullina atau chlorella.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa badan memerlukan vitamin, namun dalam jumlah yang wajar.Vitamin A, D, E dan K biasanya disimpan didalam hati/liver. Jikakandungan keempat vitamin itu terlalu banyak, maka hati akan kerja berat dan membengkak yang sanggup menjadikan terjadi kerusakan jaringan hati yang sedemikian luas, timbul sirosis hati lantaran toxisitas dan karenanya gagal hati. Jika hal tersebut terjadi, maka satu-satunya cara pengobatan ialah terapi ialah transplantasi atau cangkok hati yang biayanya sangat mahal. Di Indonesia menteri BUMN ialah pola orang yang melaksanakan transplantasi ini.

Secara umum bekerjsama minuman enegi mengandung  Vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Vitamin B-kompleks bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah/eritrosit. Vit b1 untuk nutrisi saraf, B2 untuk mencegah bibir pecah-pecah, vit B3  , vit B5 ialah panthotenic acid anggun untuk pertumbuhan rambut sedangkan vit B6 ialah niacinamide  diharapkan pada perempuan hamil yang mengalami muntah-muntah atau morning sickness.

Demikian juga Kafein diharapkan untuk meningkatkan kecepatan metabolisme badan dan menstimulir neurotransmitter sehingga seseorang menjadi tidak mengantuk, tidak gampang capek serta menciptakan seseorang sanggup berpikir jernih. Ini yang menciptakan sehabis minum badan terasa lebih yummy dan rasa capek menghilang.

Akan tetapi harus diingat badan hanya memerlukan zat-zat tersebut diatas dalam jumlah yang terbatas. Sehingga dibalik kandungannya yang lengkap, kalau minum energi diminum setiap hari, maka pengaruh sampingnya akan berdampak jelek bagi kesehatan anda terutama hati dan ginjal.

Batas konsumsi kondusif kafein per hari ialah 150 miligram atau setara satu botol energy drink bervolume 150 ml. Jika hiperbola maka akan menjadikan susah tidur, badan gemetaran, kejang, jantung berdebar-debar dan asam lambung hiperbola dan memicu sakit maag atau gastritis.

Karena itu sebaiknya para penderita penyakit jantung, hipertensi, sakit maag  dan diabetes semestinya tidak minum minuman menyerupai itu.

Adanya bahan-bahan stimulant didalam energy drink menciptakan kerja organ hati atau liver menjadi jauh lebih berat. Dalam waktu singkat Toksisitas sanggup eksklusif terjadi  serta berakibat fatal dengan kematian. Dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan organ hati yang sangat luas secara perlahan namun pasti.

Demikian juga dengan adanya zat pemanis, materi pengawet dan pewarna didalam minuman yang biasanya berwarna cerah ini menciptakan pekerjaan ginjal juga semakin berat. Beratnya beban ginjal dalam menyaring menjadikan lelah ginjal, yang berakibat rusaknya terutama tubulus dan glomerulus didalam ginjal dan berakhir dengan gagal ginjal khronik (GGK). Jika hal itu sudah terjadi maka basuh darah atau hemodialisa (HD) ialah satu-satunya jalan. Jalan lain dengan cangkok ginjal yang biayanya sangat mahal.

Untuk itu sebaiknya berhati-hatilah minum energydrink. Jangan menjadikan minuman energi sebagai kebiasaan setiap hari. Minum 1 botol dalam seminggu sudah cukup. Obat lelah yang utama ialah dengan istirahat dan bukan dengan cara instan yang hanya yummy sesaat tetapi berakibat fatal dalam jangka panjang.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment