Kalau Anda Alergi Hati-Hati Pilih Obat



Apakah seseorang alergi terhadap suatu jenis obat atau tidak tentu saja tidak sanggup diprediksi sebelumnya . Mengawasi dan memperhatikan ketika mengonsumsi obat apapun yakni sangat penting, sehingga bila timbul reaksi yang diduga alergidapat segera diatasi. Apa tandanya jikalau punya alergi obat?

"Tidak sanggup diketahui secara niscaya sebelumnya. Alergi obat harus benar-benar dilihat ketika orang tersebut minum obat apakah muncul tanda-tanda menyerupai sesak nafas atau kulit menjadi memerah dan gatal-gatal," ujar dr Indra G. Mansur, DHES, SpAnd, ILS, seorang mahir andrologi di Klinik Imunologi & Kesehatan Reproduksi Sayyidah Pondok Kelapa,seperti dikutip detikHealth.

Beberapa obat sanggup mengakibatkan dampak samping yang merugikan dan obat tertentu sanggup memicu reaksi alergi. Dalam reaksi alergi, sistem kekebalan badan secara keliru merespons obat dengan berespons kebal terhadap zat tersebut.

Sistem kekebalan badan mengenali obat sebagai zat absurd dan badan memproduksi materi kimia tertentu, menyerupai histamin, dalam upaya untuk mengusir obat dari tubuh, menyerupai dikutip dari WebMD, Rabu (15/5/2013).

"Biasanya yang banyak menjadi penyebabnya yakni obat-obatan yang berasal dari materi binatang, zat kimia, dan tumbuh-tumbuhan (herbal) tertentu," ungkap dr Indra.

Gejala alergi obat sanggup muncul mulai dari yang ringan hingga yang mengancam nyawa. Selama badan bereaksi terhadap obat, pelepasan histamin sanggup mengakibatkan dampak menyerupai gatal-gatal pada kulit dan mata, ruam pada kulit, serta pembengkakan di verbal dan tenggorokan.

Reaksi yang lebih parah, yang disebut anafilaksis, contohnya sulit bernapas, kebiruan pada kulit, pusing, pingsan, cemas berlebihan, kebingungan, denyut nadi menjadi cepat, mual, diare, dan persoalan pada sistem pencernaan.

Tujuan utama perawatan alergi obat biasanya yakni untuk mengobati reaksi yang muncul. Reaksi menyerupai ruam dan gatal-gatal sanggup dikontrol dengan obat antihistamin. Untuk batuk dan sesak, obat yang disebut bronkodilator sanggup diberikan untuk 'membuka' jalan masuk udara.

Untuk tanda-tanda anafilaksis yang serius dan mengancam jiwa, epinefrin sanggup diberikan. Namun, jikalau Anda alergi terhadap antibiotik tertentu, harus ada antibiotik alternatif. Pengobatan ini biasanya diberikan oleh dokter yang sudah mahir dan yang paling penting yakni selalu informasikan jikalau Anda mempunyai alergi obat.

Jika Anda mempunyai alergi obat, Anda harus selalu menginformasikan pada dokter sebelum menjalani semua jenis perawatan, termasuk perawatan gigi. Sebaiknya selalu bawa kartu yang mengidentifikasi jenis alergi obat yang Anda miliki. Dalam kasus-kasus darurat, kebiasaan ini sanggup menyelamatkan hidup Anda.

via.health.detik.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment