Waspadai 9 Masakan Penyebab Sembelit Ini

Banyak orang yang mengganggap sepele sembelit dan mengabaikanya. Kalau sembelit sudah dalam tingkat kronis maka dapt menimbulkan banyak duduk kasus kesehatan yang berdampak fatal pada tubuh. Misalnya saja, kanker usus besar sebagai efek jangka panjang dari sembelit yang tidak diobati. Jadi, sangat penting untuk mendeteksi penyebab sembelit dan mencari tahu kuliner apa saja yang sanggup memicu sembelit. Berikut ialah sembilan kuliner yang menimbulkan sembelit atau konstipasi, menyerupai dilansir Boldsky.

1. Es krim

Es krim mempunyai hampir tidak mempunyai serat sehingga sanggup memicu sembelit. Ditambah dengan kandungan gula dan susu dalam es krim yang rentan menimbulkan susah buang air besar.

2. Keripik

Keripik yang digoreng dan terasa renyah tidak mempunyai serat sama sekali. Oleh karenanya, hindari terlalu banyak ngemil keripik yang sanggup memicu sembelit.

3. Pisang

Pisang ialah kuliner pengikat yang sanggup memicu terjadinya sembelit. Maka dari itu, makan terlalu banyak pisang sanggup menimbulkan sembelit.

4. Terlalu banyak produk susu

Terlalu banyak mengonsumsi produk susu, menyerupai mentega atau keju, sanggup memperlambat proses pencernaan Anda. Dengan demikian, risiko sembelit akan meningkat.

5. Terlalu banyak makan nasi

Nasi mempunyai banyak kandungan pati. Dan pati ialah bertindak sebagai pengikat dari tinja sehingga, makan terlalu banyak nasi sanggup menimbulkan gangguan pencernaan dan sembelit.

6. Kue kering

Kue kering sangat rendah akan serat dan cairan. Dan Anda sudah tahu bahwa serat dan cairan ialah dua hal yang Anda butuhkan untuk sanggup buang air besar secara teratur dan lancar. Juga, ditambah dengan kandungan soda yang sanggup mengacaukan sistem pencernaan tubuh.

7. Daging merah

Daging merah sulit untuk dicerna dan mempunyai banyak zat besi. Besi ialah zat yang mendukung terjadinya pengerasan tinja sehingga jadi berwarna gelap dan hitam. Itulah sebabnya makan daging merah harus dibatasi dan dihentikan hiperbola lantaran sanggup memicu sembelit.

8. Makanan beku

Makanan beku memang menghemat waktu dan energi untuk mempersiapkannya lantaran Anda tinggal memanaskannya. Tetapi, kuliner beku sanggup menimbulkan banyak duduk kasus kesehatan lantaran mempunyai serat yang sangat rendah dan banyak pengawet yang pada karenanya mengganggu gerakan usus.

9. Makanan yang digoreng dengan banyak minyak

Menggunakan terlalu banyak minyak dalam menggoreng kuliner sanggup menghancurkan serat dalam makanan. Akibatnya, kuliner itu akan menghambat gerak usus Anda sehingga, Anda jadi rentan sembelit.

Buang air besar yang tidak lancar sanggup berujung pada peningkatan risiko penyakit, menyerupai kanker, ambeien, dan tumor. Jika Anda tidak ingin terkena penyakit tersebut, batasi konsumsi kuliner yang sanggup memicu sembelit.

via.merdeka.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment