Kanker Serviks Dan Pencegahannya

Info Kesehatan kali ini berbicara mengenai Kanker Serviks. Kanker serviks yakni penyakit kanker yang terjadi pada leher rahim, yaitu kawasan organ reproduksi perempuan yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. letaknya antara rahim (uterus) dengan liang senggama perempuan (vagina).

Sama halnya dengan kutil kelamin, kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut kanker ini sanggup menyerang ke organ - organ lain di seluruh tubuh penderita. Selain disebabkan oleh virus HPV, sel - sel absurd pada leher rahim juga sanggup tumbuh akhir radiasi atau pencermaran materi kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama.

Gejala awal kanker serviks tidak gampang diamati, itu sebabnya, anda yang sudah aktif secara seksual amat dianjurkan untuk melaksanakan tes pap smear, setiap dua tahun sekali. tanda-tanda fisik serangan penyakit ini pada umumnya hanya dirasakan oleh penderita kanker stadium lanjut, Gejalanya adalah:

  1. Munculnya rasa sakit dan pendarahan ketika bekerjasama intim (contact bleeding)
  2. Keputihan yang hiperbola dan tidak normal
  3. Pendarahan di luar siklus menstruasi
  4. Penurunan berat tubuh drastis
  5. Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung juga kendala dalam berkemih serta pembesaran ginjal

Adapun cara mencegah kanker serviks ini yaitu:

  1. Tidak bekerjasama intim dengan pasangan yang berganti - ganti
  2. Rajin melaksanakan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif  secara seksual
  3. Melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melaksanakan kontak secara seksual
  4. Memelihara kesehatan tubuh

Bagi anda yang ingin info wacana sakit maag sanggup anda dapatkan di blog ini. Terima kasih atas kunjungan mudah-mudahan info yang kami berikan bermanfaat bagi semuanya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment