Perbedaan Antara Vitamin B Kompleks Dan B12

Perbedaan antara vitamin B kompleks dan B12

Perbedaan utama antara vitamin B Kompleks dan B12 yaitu bahwa vitamin B12 merupakan salah satu belahan dari vitamin B kompleks. Dan aksesori vitamin B kompleks biasanya mengandung semua jenis vitamin B termasuk vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Semua vitamin ini penting bagi tubuh.

 Perbedaan antara vitamin B kompleks dan B Perbedaan Antara Vitamin B Kompleks dan B12

B Kompleks dan B12 yaitu dua vitamin yang berbeda. Vitamin itu sendiri yaitu belahan penting dari kesehatan kita. Meskipun kita hanya membutuhkan vitamin dalam takaran sangat kecil, namun hal ini sangat penting bagi kesehatan.

Vitamin sering juga disebut sebagai mikronutrien. Tubuh membutuhkan sejumlah nutrisi dan vitamin. Seperti vitamin A, B2, B6, B12, C, dll, serta nutrisi lainnya menyerupai mineral dan elemen lainnya. Sebagian besar nutrisi dan vitamin berasal dari masakan yang dikonsumsi manusia. Oleh alasannya itu keseimbangan diet sangat penting dan dianjurkan.

Vitamin B yaitu vitamin yang water soluble, yang berarti vitamin ini sanggup larut dalam air. Sebagian besar vitamin B sanggup didapat melalui diet seimbang. Namun, ada beberapa jenis B12 yang hanya tersedia pada masakan berbasis daging dan produk susu. Ini berarti bahwa orang yang mengikuti teladan makan vegetarian atau vegan berisiko tinggi mengalami defisiensi B12. Untuk mendapat jumlah B12 yang dibutuhkan, mereka mungkin harus mengkonsumsi suplemen.

Kekurangan Vitamin B dalam tubuh sanggup mengakibatkan aneka macam masalah. Misalnya, defisiensi vitamin B1 mengakibatkan beri-beri, yang meliputi tanda-tanda menyerupai penurunan berat badan, gangguan emosional, persepsi sensorik terganggu, kelemahan dan nyeri pada anggota badan, periode detak jantung tidak teratur, dan pembengkakan jaringan tubuh.

Kekurangan Vitamin B2 mengakibatkan ariboflavinosis, yang meliputi tanda-tanda menyerupai retakan di bibir, kepekaan tinggi terhadap sinar matahari, radang lidah, sakit tenggorokan, pseudo-sifilis, dll.

Kekurangan vitamin B3 mengakibatkan pellagra, yang meliputi tanda-tanda menyerupai agresi, dermatitis, insomnia, kelemahan, kebingungan mental, dan diare. Kekurangan vitamin B7 sanggup mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan kelainan neurologis pada bayi.

Kekurangan vitamin B12 berpotensi mengakibatkan kerusakan parah dan ireversibel, terutama pada otak dan sistem saraf. Ini terutama menghasilkan anemia makrositik, asam metilmalon dan asam homosistein tinggi, neuropati perifer, kehilangan memori dan defisit kognitif lainnya. Pada dasarnya vit B12 mensugesti fungsi otak. Yang sangat beresiko contohnya orang tua, dan orang vegetarian.

Karena begitu pentingnya mendapat asupan vitamin yang memadai, serta mengingat bahwa kebanyakan orang tidak mengikuti diet seimbang, maka vitamin B ini, terutama vitamin B12 sering ditambahkan ke masakan kemasan dan minuman untuk memastikan orang menelannya. Sseperti contohnya dimasukan pada sereal, yogurt, dll.

Nah itulah perbedaan antara vitamin B kompleks dan B12. Sekarang sudah paham ya bedanya ?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment