Perbedaan Antara Kronis Dan Akut

Dalam istilah medis, orang sering galau membedakan antara kondisi 'kronis' dan 'akut'. Istilah 'kronis' mengacu pada penyakit-penyakit yang bersifat kondisional dan berlangsung usang bahkan bertahun-tahun. Sedangkan 'akut' mengacu pada kondisi sakit yang sangat parah, mendadak dan terjadinya dalam waktu singkat.

 orang sering galau membedakan antara kondisi  Perbedaan Antara Kronis dan Akut

Perbedaan antara kronis dan akut

#1. Penyakit yang bersifat kronis tidak mengatakan tanda-tanda apa-apa pada tahap awal. Jadi, orang sering tidak sadar akan penyakit ini. Ini yaitu jenis penyakit yang terjadi secara lambat dan bertahap, yang merusak fungsi badan dari dalam dan mempengaruhi rutinitas.

Yang paling merugikan dari penyakit kronis yaitu kalau sudah terjadi, maka tidak gampang untuk disembuhkan. Seringkali penyakit ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, mungkin juga seumur hidup.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penyakit 'kronis' sebagai, “the non-communicable conditions to be by far the leading cause of mortality in the world, representing 35 million deaths in 2005 and over 60% of all deaths”. Saat ini, ini penyakit kronis merupakan penyebab utama meningkatnya angka kematian, terutama di kalangan orang cukup umur dan anak muda.

Contoh penyakit kronis yang paling umum contohnya : osteoporosis, HIV / AIDS, artritis, asma, kanker, PPOK, dan diabetes. Ini yaitu penyakit-penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor dan masalah.

#2. Penyakit yang akut sifatnya terjadi secara cepat, yang berlangsung dalam jangka waktu singkat. Dalam konteks medis, istilah 'akut' umumnya dipakai untuk merujuk pada fase cedera akut, mengacu pada proses penyembuhan yang cepat paska cedera.

Kata 'akut' juga mengacu pada kondisi luka yang sangat parah, tapi sanggup disembuhkan dalam waktu yang lebih singkat. Namun, tidak semua luka parah itu akut.

Kondisi akut kalau tidak sembuh pada waktu yang tepat, sanggup menimbulkan bentuk penyakit yang lebih rumit.

Contoh penyakit akut : Flu Biasa, Flu, Infeksi, Campak, Cacar Air, Serangan Jantung, patah tulang dll.

Perbedaan kronis dan akut lainnya, penyakit akut biasanya akan diisolasi hanya pada satu belahan area tubuh. Sedangkan penyakit kronis, tahap awal tidak gampang dideteksi dan perlahan nanah menyebar ke organ badan lainnya.

Penyakit kronis biasanya membutuhkan lebih banyak biaya dan perawatan dibandingkan dengan penyakit akut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment