Tips Biar Hidup Senang Berdasarkan Penulis Buku La Tahzan

Tips biar senang berdasarkan penulis buku La Tahzan

Setiap orang di dunia ini ingin hidup sehat dan bahagia. Tidak ada seorang pun yang tidak menginginkan kesehatan dan kebahagiaan. Dr. ‘Aidh al-Qarni dalam bukunya La Tahzan, Jangan Bersedih !, ia menguraikan dengan panjang lebar (62 halaman, dari 508 hingga 570) sejumlah tips hidup sehat biar menjadi orang yang bahagia.

 Tips biar senang berdasarkan penulis buku La Tahzan Tips Agar Hidup Bahagia Menurut Penulis Buku La Tahzan

La Tahzan merupakan salah satu buku yang paling laku terjual (best seller) di Timur Tengah dan juga di dunia. Selain sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, buku ini juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul Don’t Be Sad, bahasa Italia : Non Essere Triste dan bahasa-bahasa lain di dunia.

Berikut petikan tips biar hidup senang berdasarkan penulis La Tahzan :

-        Ketika waktu pagi tiba, jangan menunggu hingga sore. Hiduplah dalam batasan hari ini. Kerahkan seluruh semangat yang ada untuk menjadi lebih baik di hari ini.

-        Biarkanlah masa depan itu hingga ia tiba sendiri, dan jangan terlalu berkepentingan dengan hari esok. Karena jikalau anda melaksanakan terbaik di hari ini maka hari esok juga akan baik

-        Bersihkanlah jiwa anda dari dengki, dan jernihkanlah dari iri. Keluarkan penyakit permusuhan dan percekcokan dari dalam jiwa.

-        Semesta ini di berdiri diatas sebuah keteraturan. Karena itu, pakaian, rumah, meja, dan kewajiban anda harus dikerjakan dengan rapi.

-        Anda harus berjalan-jalan dan berolah raga. Jauhi kemalasan dan ketidakberdayaan. Tinggalkan kekosongan dan pengangguran.

-        Perbaharuilah hidup anda. Jadikan hidup anda lebih bervariasi,. Ubahlah rutinitas hidup anda.

-        Jauhi dan kurangi makanan-makanan perangsang, contohnya kopi, teh, dan berhati-hatilah terhadap rokok, syisya, dan yang lainnya.

-        Perhatikan kebersihan pakaian. Perhatikan bacin badan. Perhatikan penampilan luar. Jangan lupa menggosok gigi dan menggunakan parfum.

-        Ingatlah bahwa Allah sangat luas ampunan-Nya, mendapatkan taubat, mengampuni hamba-hamba-Nya, dan menggantikan kejahatan dengan kebaikan.

-        Maafkanlah orang yang telah melaksanakan kezaliman kepada anda. Sambungkanlah tali silaturahmi  orang yang memutuskan tali silaturahmi dengan anda. Berilah orang yang tidak pernah memberi kepada anda. Bersabarlah terhadap orang yang berbuat jahat kepada anda, pasti anda akan memperoleh rasa senang dan kondusif dalam diri anda.

 Tips biar senang berdasarkan penulis buku La Tahzan Tips Agar Hidup Bahagia Menurut Penulis Buku La Tahzan

-        Terimalah bentuk wajah, bakat, pemasukan, dan keluarga dengan kelegaan hati, pasti anda akan mendapatkan ketenteraman dan kebahagiaan.

-        Ketahuilah, bahwa sesudah kesulitan itu akan ada kemudahan, dan sesudah kesulitan itu akan ada jalan keluar. Ketahuilah, bahwa keadaan seseorang itu tidak akan tetap selamanya. Hari-hari itu akan senantiasa bergulir.

-        Optimislah, jangan pernah berputus asa dan mengalah tanpa usaha. Berbaik-sangkalah kepada Allah. Dan, tunggulah segala kebaikan dan keindahan dari-Nya.

-        Ujian itu akan mendekatkan jarak antara diri anda dengan Rabb, akan mengajarkan kepada diri anda bagaimana berdoa, dan akan menghilangkan kesombongan, ujub, dan rasa gembira diri dari diri anda.

-        Berbuat sepakat kepada sesama, dan baktikan kebaikan kepada semua orang biar anda akan mendapatkan kebahagiaan dari menjenguk orang sakit, dari memberi sesuatu kepada orang yang membutuhkan, dan dari  mengasihi anak yatim.

-        Jauhilah jelek sangka, buanglah angan-angan, khayalan-khayalan yang merusak, dan pikiran=pikiran yang sakit.

-        Ketahuilah bahwa anda bukan satu-satunya orang yang menerima ujian. Tidak seorangpun yang lepas dari kesedihan,  dan tidak seorangpun luput dari kesulitan.

-        Yakinlah bahwa dunia ini ialah daerah cobaan, ujian, tantangan, dan kesedihan. Karena itu, terimalah ia apa adanya dan mintalah pertolongan kepada Allah.

-        Jadilah sosok pemberani yang berhati teguh dan berjiwa kuat. Anda mempunyai semangat dan tekad. Jangan sekali-kali anda terpengaruhi oleh rumor dan cerita-cerita yang tidak benar.

-        Jadilah orang dermawan, alasannya ialah orang yang senang memberi hatinya akan selalu lapang dan jiwanya luas. Sedangkan orang yang pelit hatinya sempit dan nuraninya kotor.

-        Tersenyumlah kepada siapa saja, pasti anda akan mendapatkan cinta kasih mereka. Haluskanlah tutur kata anda pasti mereka akan mencintaimu. Dan, rendahkan hati kepada mereka pasti mereka akan menghormati anda.

-        Balaslah perbuatan yang baik dengan yang lebih baik. Berbuat sepakat kepada sesama, padamkan semua api permusuhan, berdamailah dengan musuh, dan perbanyaklah teman.

-        Pintu kebahagiaan terbesar ialah doa kedua orang tua. Berusahalah mendapatkan doa itu dengan berbakti kepada mereka berdua biar doa mereka menjadi benteng yang berpengaruh yang menjaga anda dari semua hal yang tidak anda sukai.

 Tips biar senang berdasarkan penulis buku La Tahzan Tips Agar Hidup Bahagia Menurut Penulis Buku La Tahzan

-        Jangan hidup dalam idealisme-idealisme, tapi hiduplah dengan realita. Sebab, dengan hidup dalam idealisme, sama saja dengan anda menginginkan dari orang lain apa yang tidak sanggup anda lakukan. Karena itu, jadilah orang yang obyektif (dalam melihat kenyataan).

-        Rencanakanlah pekerjaan-pekerjaan itu, jangan menggabungkannya dalam satu waktu. Rencanakanlah pekerjaan-pekerjaan yang akan anda kerjakan dalam satu rentang waktu tertentu, dan luangkanlah beberapa waktu diantaranya untuk istirahat biar optimal.

-        Maksimalkan talenta yang diberikan kepada diri anda, ilmu yang anda sukai, rezeki yang dikaruniakan kepada diri anda, dan pekerjaan yang cocok untuk anda.

-        Berpakaianlah secara sederhana, bukan cara berpakaian orang-orang yang berlebih-lebihan, juga bukan memalsukan pakaian orang-orang (maaf) gembel. Jangan mencari popularitas dengan pakaian ibarat umumnya orang.

-        Jangan gampang marah, alasannya ialah murka hanya akan merusak keadaan jiwa, merubah perilaku, memperburuk pergaulan, merusak cinta, dan memutuskan tali silaturahmi.

-        Sekali waktu lakukanlah perjalanan untuk menyegarkan kembali suasana hidup, untuk melihat wacana dunia diluar dunianya, untuk melihat hal-hal baru, negeri-negeri yang lain. Perjalanan ialah sebuah kenikmatan tersendiri.

-        Hindari kata pengandaian “jika … maka nanti akan …” , menangguhkan pekerjaan, dan menunda-nunda kewajiban. Sebab ini merupakan tanda kegagalan.

-        Buanglah sikap ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Jangan bersikap plin-plan. Tapi, bersemangatlah, bulatkan tekad, dan maju.

-        Jangan sia-siakan usia anda dengan sering gonta-ganti profesi, spesialisasi, dan pekerjaan. Sikap suka bergonta-ganti ibarat ini menandakan bahwa anda tidak pernah sukses dalam hal apapun.

-        Biasakanlah untuk mengeluarkan sedekah meski hanya sedikit, lantaran sedekah akan memadamkan api kesalahan, menggembirakan hati, menghilangkan keresahan, dan akan menambah rezeki.

-        Jadilah sosok yang berpandangan luas. Berusahalah untuk memaafkan siapa saja yang berbuat jahat kepadamu biar anda bisa menikmati hidup ini dengan tenang dan tenang.

-        Makanlah dengan teratur. Makanlah kuliner yang berguna, jangan terlalu kenyang, dan jangan tidur dalam keadaan kenyang.

-        Setelah lapar akan tiba kenyang, dan sesudah dahaga akan tiba kesegaran, sesudah sakit pasti ada kesembuhan, sesudah kefakiran akan tiba kekayaan, dan kesedihan itu selalu dibarengi oleh kebahagiaan. Inilah sunatullah yang tidak bisa diganggu gugat.

-        Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah, dan jangan lupa pertolongan Allah, alasannya ialah pertolongan Allah akan turun sesuai dengan tingkat kesulitannya.

-        Hindari kebisingan dan hiruk pikuk di dalam rumah dan kantor anda. Sebab, diantara gejala kebahagiaan ialah ketenangan, kedamaian, dan keteraturan.

-        Barang siapa mempunyai tata krama yang banyak dan baik, perasaan yang sehat, dan budpekerti yang mulia, maka ia akan menciptakan dirinya dan orang lain berbahagia, dan akan mendapatkan hati yang tenang dan kondisi jiwa yang sejuk.

-        Adalah kepingan dari kebahagiaan, kemampuan untuk mengatasi rintangan dan kesulitan. Nikmatnya kemenangan tidak bisa dibandingkan dengan kenikmatan apapun, dan kegembiraan yang disebabkan oleh keberhasilan tidak bisa disamakan dengan kegembiraan manapun.

-        Orang yang memahami arti kesahajaan, maka akan memahami pula arti kebahagiaan. Orang yang menempuh jalan pertengahan, maka akan mencapai kemenangan. Dan, orang yang mengikuti cara-cara yang mudah, maka akan mendapatkan keberuntungan.

-        Seni yang berupa perjuangan untuk melupakan sesuatu yang tidak disenangi ialah kenikmatan, perjuangan untuk mengingat-ingat nikmat ialah kebaikan, dan perjuangan untuk melupakan cela orang lain ialah keutamaan.

-        Senyum ialah kunci kebahagiaan. Cinta ialah pintunya. Kegembiraan ialah taman bunganya. Iman ialah cahayanya. Dan keamanan ialah temboknya.

-        Kebahagiaan ialah bersikap yang sewajarnya, tidak menelan bayang-bayang, dan membuang semua kekhawatiran di dalam hati.

Itulah uraian seputar tips hidup sehat biar menjadi orang yang senang dari penulis buku La Tahzan, Dr. Aidh al-Qarni. La tahzan ialah sebuah buku yang sangat inspiratif dan fenomenal.

Kesehatan dan kebahagiaan ialah hak dasar setiap individu. Dan tips diatas semoga menjadi sarana menuju hak dasar itu.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment