Mengenal Penyebab Dan Tanda-Tanda Sinusitis

Penyebab dan tanda-tanda sinusitis

Penderita penyakit sinusitis di Indonesia setiap tahun cenderung bertambah, terutama di kota-kota besar. Dibalik segala gemerlap, daya tarik, kemudahan jalan masuk dan fasilitas, masyarakat perkotaan ternyata rentan mengalami persoalan pernapasan akhir kualitas udara yang jelek dan tidak sehat, menyerupai polusi udara, asap kendaraan, debu, lingkungan yang kotor dan lain-lain. Penyakit sinusitis yaitu salah satu ancamannya.

 Penderita penyakit sinusitis di Indonesia setiap tahun cenderung bertambah Mengenal Penyebab dan Gejala Sinusitis

Pengertian penyakit sinusitis

Pengertian sinusitis yaitu peradangan atau penyumbatan pada salah satu dari empat saluran sinus yaitu maksila, etmoid, frontal dan sfenoidakibat alergi atau abuh virus, basil maupun jamur. Setiap sinus mempunyai satu saluran ke hidung yang memungkinkan terjadinya pertukaran lendir dengan udara.

Sinus maksila terletak di pipi, sinus etmoid di kedua mata, sinus frontal di dahi dan sinus sfenoid terletak di belakang dahi.

Sinus memproduksi cairan atau lendir yang mempunyai kegunaan untuk membersihkan rongga hidung, melembabkan lapisan tipis pada hidung dan tenggorokan, membantu resonansi suara, membantu keseimbangan kepala, meredam perubahan tekanan udara dan kelembaban udara. Apabila terjadi peradangan dan penyumbatan lantaran virus, basil atau jamur pada saluran sinus, maka timbulah penyakit sinusitis.

Seorang penderita sinusitis sering mengeluarkan ingus melalui tenggorokan atau yang disebut post nasal drip. Dan biasanya ingus yang dikeluarkan itu baunya tidak enak.

Ada majemuk penyakit sinusitis. Menurut periode lamanya penyakit, ada tiga jenis sinusitis, yakni sinusitis akut (kurang dari 1 bulan), sub-akut (antara 1 hingga 3 bulan), dan kronis (lebih dari 3 bulan).

Menurut jenis peradangannya, dibedakan atas sinusitis abuh dan non infeksi. Sinus abuh biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri, sedangkan yang non abuh disebabkan oleh alergi dan iritasi materi kimia.

Dan berdasarkan penyebabnya, sinusitis dibagi menjadi 2 jenis yaitu : rhinogenik (kelainan pada hidung) dan dentogenik atau odontogenik (kelainan pada gigi).

Penyebab sinusitis

Penyebab sinusitis bermacam-macam, tergantung pada jenis sinusitisnya. Penyakit ini sanggup disebabkan oleh virus (virus common cold), jamur, atau bakteri; abuh (kerongkongan, amandel dan gigi); kelainan anatomis dari hidung, adanya benda abnormal di hidung, tumor, polip, polusi, alergi udara dingin, dan alergi udara kering.

Penyebab penyakit sinusitis pada umumnya

#1. Infeksi atau peradangan, baik di tempat rongga hidung maupun tenggorokan (peradangan amandel – tonsil dan adenoid).

#2. Adanya sumbatan di tempat rongga hidung, menyerupai : polip, tumor, benda asing, pembesaran tulang konka hidung (konka inferior dan media), tulang hidung bengkok (septum deviasi) .

#3. Adanya alergi pada hidung, sehingga mengakibatkan sumbatan.

#4. Pengaruh lingkungan, menyerupai udara dingin, udara panas, asap polusi, debu, busuk menyengat.

#5. Pada penggemar olah raga renang, air sering masuk ke rongga hidung.

#6. Trauma fisik maupun stress (barotrauma), dan mengakibatkan perdarahan pada sinus.

#7. Infeksi pada gigi geraham 1, geraham 2, dan geraham 3 penggalan atas kiri dan kanan. Infeksi yang berat dan berlangsung usang sanggup menembus hingga rongga sinus maksilaris (pipi)

Penyebab sinusitis akut

#1. Infeksi virus. Sinusitis akut sanggup terjadi bila ada abuh virus pada saluran pernafasan penggalan atas (ISPA), contohnya pilek.

#2. Bakteri. Di dalam badan kita terdapat jenis basil yang dalam keadaan normal tidak berbahaya, contohnya Haemophilus influenzae dan Streptococcus pneumoniae. Namun jikalau daya tahan badan menurun atau saluran sinus tersumbat akhir pilek atau abuh virus lainnya, maka basil yang awalnya jinak itu akan berkembang biak dan menyerang saluran sinus, sehingga terjadi abuh sinus akut.

#3. Infeksi jamur. Jamur aspergillus merupakan jamur yang sanggup mengakibatkan sinusitis pada penderita gangguan sistem kekebalan. Pada beberapa orang, sinusitis jamur yaitu bentuk reaksi alergi yang bersangkutan terhadap jamur.

Penyebab sinusitis kronis

Penyebab penyakit sinusitis kronis diantaranya asma, alergi contohnya rhinitis alergika, gangguan sistem kekebalan dan kelainan sekresi maupun pembuangan lendir.

Rhinitis alergika atau alergi hidung sanggup menjadi penyebab sinusitis. Alergi ini disebabkan oleh debu, asap, spora jamur, bulu binatang, serbuk sari bunga, tepung, udara dingin, dan bau-bauan yang menyengat. Bila hidung telah kotor oleh faktor allergen atau faktor yang mengakibatkan alergi, maka akan timbul bersin-bersin dan mengeluarkan lendir hidung. Bila saluran sinus tersumbat maka lendir atau cairan tidak sanggup dibuang dan mengakibatkan sinusitis.

Video perihal penyakit sinusitis di YouTube



Gejala penyakit sinusitis

Sinusitis harus segera diobati. Jika tidak, maka abuh di salah satu rongga sinus akan gampang menyebar dan menginfeksi organ penting yang lain. Sebab, letak rongga sinus sangat akrab dengan mata, otak, dan organ penting lain di kepala. Oleh lantaran itu mengetahui tanda-tanda sinusitis semenjak dini sangat penting.

Gejala penyakit sinusitis pada umumnya yaitu :

#1. Terdapat dahak di tenggorokan, menyerupai cairan dari hidung jatuh ke bawah rongga.

#2. Hidung tersumbat dan gatal.

#3. Terdapat busuk tak sedap setiap kali bernapas.

#4. Bersin-bersin.

#5. Mengeluarkan ingus (sekret) berwarna putih kental. Kalau warna sekret sudah berwarna kekuningan atau bahkan kehijauan, maka kuman di dalam sekret sudah lebih banyak. Sedangkan sekret pada alergi berwarna putih, bening, dan cair.

#6. Sakit kepala lantaran sekret di rongga sinus menekan ke kepala.

Gejala sinusitis pada anak diantaranya yaitu :

#1. Demam yang berlangsung cukup lama. Kadang-kadang demam tidak terlalu tinggi.

#2. Keluar ingus yang berwarna kuning kehijauan dari hidung.

#3. Lelehan ingus dari hidung, batuk, nafas yang berbau, pusing dan muntah.

#4. Sakit kepala, biasanya sebelum umur 6 tahun.

#5. Praktis tersinggung dan gampang lelah.

#6. Bengkak di sekitar mata.

Baca juga : Yuk, Mengenal Gejala Penyakit Hepatitis Sebelum Terlambat

Akhirnya, mengenal penyebab dan tanda-tanda sinusitis semenjak dini sangat mempunyai kegunaan semoga kita sanggup mengobati penyakit ini dengan segera. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment