Makanan Yang Baik Untuk Penderita Osteoporosis

Makanan untuk penderita osteoporosis 

Mengkonsumsi masakan yang mengandung kalsium merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang). Nah pertanyaannya, apa saja masakan yang mengandung kalsium itu ?

 Mengkonsumsi masakan yang mengandung kalsium merupakan salah satu cara terbaik untuk menc Makanan Yang Baik Untuk Penderita Osteoporosis

Sebelumnya perlu dipahami bahwa, penyebab penyakit osteoporosis  atau pengeroposan tulang ialah alasannya ialah berkurangnya massa tulang akhir minimnya pemanfaatan kalsium oleh tubuh. Sehingga tulang menjadi rapuh, kurang padat, dan gampang patah. Biasanya pengeroposan tulang terjadi pada tulang belakang, pinggul dan pergelangan tangan.

Sekitar 80 persen penyakit osteoporosis muncul alasannya ialah faktor keturunan (genetic).  Sedangkan 20 persen sisanya akhir rujukan makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Karena itu, mengontrol rujukan makan serta menerapkan gaya hidup sehat itu penting. Selain itu juga perlu mengetahui mana masakan yang cocok untuk penderita osteoporosis dan mana yang tidak.

Cara menghindari penyakit osteoporosis

Osteoporosis sering disebut sebagai the silent killer. Penyakit ini ialah pembunuh nomor tiga sesudah jantung dan kanker. Osteoporosis bukan penyakit langka, ia sanggup menyerang siapa saja.

Cara menghindari penyakit osteoporosis ialah dengan memaksimalkan pembentukan massa tulang ketika usia muda. Asupan kalsium pada usia belum dewasa dan remaja, akan besar lengan berkuasa kelak ketika manula. Apakah kelak ia punya daya tahan ataukah rentan terhadap penyakit osteoporosis itu.

Bagi remaja yang sedang tumbuh (usia 11 – 24 tahun) sangat dianjurkan mengkonsumsi kalsium 1200 miligram per hari. Selain itu minum susu dan sumber kalsium lainnya perlu terus dipertahankan sampai dewasa.

Makanan yang mengandung kalsium

Mineral terbesar yang dibutuhkan oleh badan ialah kalsium. Kalsium dan fosfor secara bersamaan berperan sangat besar dalam membentuk dan memelihara tulang dan gigi.

Lebih dari 99 persen kalsium badan ada di dalam tulang dan gigi. Karena itulah kalsium sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi dan anak-anak.

Manfaat kalsium diantaranya ialah memulihkan tekanan darah pada penderita yang sensitif terhadap garam, mengurangi kekejangan kaki, terutama pada perempuan yang sedang hamil. Selain itu, menjaga stabilitas tekanan darah selama kehamilan, serta membantu mengentalkan darah dan menyembuhkan luka.

Mengkonsumsi masakan yang mengandung kalsium tinggi pada masa anak-anak  menyerupai menabung kalsium. Sehingga badan punya banyak cadangan kalsium yang mempunyai kegunaan untuk pembentukan massa tulang yang lebih baik pada masa dewasa. Pertambahan massa tulang yang baik, sangat penting supaya tulang tidak gampang patah pada lansia.

Sebaliknya, konsumsi kalsium yang minim pada masa pertumbuhan akan menjadikan tulang menjadi lemah dan ringkih seiring dengan meningkatnya usia. Apalagi pada perempuan yang memasuki masa menopause. Gangguan semacam itu dikenal sebagai keropos tulang pasca menopause (osteoporosis post menopausal).

Menghindari penyakit osteoporosis sanggup dilakukan semenjak remaja dengan konsumsi kalsium yang cukup, olahraga teratur, dan mengubah rujukan makan. Kebutuhan kalsium per hari sebisa mungkin dipenuhi dari bahan-bahan masakan yang baik kualitasnya, yaitu gampang dicerna, diserap, dan dipakai oleh tubuh.

Bahan pangan yang banyak mengandung kalsium ialah susu, biji-bijian, kacang-kacangan, kelapa, sayur-sayuran berdaun hijau, rumput laut, ikan (terutama ikan kecil yang dimakan bersama tulangnya, contohnya ikan teri), dan buah-buahan.

Makanan yang baik untuk penderita osteoporosis

Dibawah ini beberapa masakan yang yang baik untuk penderita osteoporosis alasannya ialah mengandung kalsium tinggi :

#1. Ikan : teri kering, rebon basah, teri segar, sarden kalengan, mackerel

#2. Sayuran : daun papaya, daun talas, sawi atau caisim, brokoli

#3. Kacang-kacangan dan hasil olahannya : susu kedelai, tempe, tahu, kacang hijau kering, kacang merah kering

#4. Serealia : jali dan havermut

Makanan yang tidak baik / perlu dihindari oleh penderita osteoporosis

Makanan yang sanggup menghambat peresapan kalsium mirip minuman berkafein (kopi atau teh) sebaiknya dihindari. Demikian pula masakan yang sanggup membuang kalsium contohnya daging merah.

Penderita osteoporosis juga perlu menghentikan kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol.

Beberapa obat-obatan tertentu juga sanggup menghambat peresapan kalsium. Bila terpaksa harus minum obat jenis ini, maka konsumsi kalsium harus ditingkatkan.

Baca juga : 10 Penyebab Penyakit Osteoporosis

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapat gosip lebih jauh ihwal apa saja masakan yang baik dan dibutuhkan atau pun sebaliknya yang perlu dihindari.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment