7 Manfaat Kayu Bagus Untuk Kesehatan

Manfaat kayu bagus untuk kesehatan sanggup ditelusuri dari khazanah pengobatan tradisional yang telah berkembang selama ratusan tahun. Orang Indonesia mengenal kayu bagus sebagai homogen rempah-rempah yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan.

Tanaman kayu bagus tergolong dalam famili Lauraceae. Tanaman ini asalnya dari Sri Lanka atau India Selatan. Kayu bagus tumbuh subur di Jawa, Sumatera, India Barat, Brasil, Vietnam, Madagaskar, dan Mesir. Dunia internasional menyebut kayu bagus dengan nama cinnamon, yang berasal dari bahasa Yunani kinnamon.

Manfaat kayu bagus untuk kesehatan sanggup ditelusuri dari khazanah pengobatan tradisional y 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Cinnamon telah dipakai sebagai rempah-rempah semenjak jaman Mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Pada masa ke-16, kayu bagus (cinnamomum burmannii) telah banyak dipakai sebagai bumbu masak.

Di seluruh dunia terdapat sekitar 54 jenis kayu bagus (Cinnamomum spp), 12 jenis di antaranya terdapat di Indonesia. Jenis tumbuhan yang banyak berkembang di Indonesia ialah Cinnamomum burmannii BL, atau lebih dikenal dengan nama Cassiavera. Cinnamon atau kinnamon ini merupakan salah satu rempah-rempat tertua yang hingga ketika ini masih dipergunakan oleh manusia.

Manfaat kayu bagus untuk kesehatan

Di jaman modern, manfaat kayu bagus untuk kesehatan telah melalui kajian secara clinical dengan serangkaian uji laboratorium. Hasilnya menawarkan bahwa tumbuhan ini memiliki banyak sekali faedah bagi kesehatan. Bahkan juga sudah banyak dipakai sebagai materi pembuatan parfum serta dikembangkan menjadi obat-obatan anti mikroba.

Berikut beberapa manfaat kayu bagus untuk kesehatan :

#1. Mengatur kadar gula darah

Sejumlah riset menyimpulkan bahwa kayu bagus berguna dalam mengatur kadar gula darah sehingga ia merupakan kuliner yang baik untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic.

Para Ilmuwan di Amerika mengklaim bahwa mengkonsumsi satu sendok teh sehari bisa membantu mencegah diabetes. Peneliti dari US Department of Human Nutrition Research di Beltsville, Maryland, menemukan bila ekstrak pohon ini bisa meremajakan kemampuan badan semoga lebih responsif terhadap insulin.

#2. Menurunkan kolesterol jahat

Kayu bagus juga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein). Sejauh ini, LDL diketahui berbahaya bagi kesehatan badan lantaran bisa menimbulkan penyakit jantung, stroke dan obesitas.

Selain itu, mengkonsumsi kayu bagus juga sanggup mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Studi di Pakistan menawarkan penurunan kadar gula darah puasa, trigliserida, kolesterol jahat LDL dan kolesterol total sesudah penggunaan selama 40 hari. Penurunan itu terus terjadi hingga 20 hari berikutnya.

#3. Sebagai anti infeksi

Kayu bagus memiliki kandungan anti-infeksi yang alami. Dalam sejumlah riset ditemukan fakta bahwa, tumbuhan ini efektif menghilangkan kuman H.pylori yang sanggup menimbulkan sakit maag, serta beberapa jenis penyakit lain yang disebabkan bakteri.

#4. Pereda nyeri pada penderita rematik

Kayu bagus berguna mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh rematik. Selain itu juga bisa menurunkan sitokin (protein-protein kecil sebagai perantara dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang sanggup menimbulkan rematik.

#5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah riset di University of Texas melaporkan bahwa cinnamon bisa mengurangi perkembangbiakan  sel kanker. Bukan cuma itu, ia bahkan menjadi salah satu rempah yang bisa menyembuhkan kanker itu sendiri.

#6. Sebagai obat multifungsi

Manfaat kayu bagus lainnya ialah sebagai obat multifungsi diantaranya sanggup dijadikan materi pengawet kuliner yang alami, mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang bisa mengurangi nyeri ketika menstruasi atau melahirkan.

Tanaman kayu bagus memiliki kandungan alami yang disebut cinnamaldehyde yang bisa menyeimbangkan hormon – meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan hormon testosteron pada perempuan.

#7. Dapat mengobati Alzheimer

Sejumlah jago dan peneliti di Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics, University of Texas telah membuatkan tumbuhan ini sebagai salah satu rempah yang bisa mengobati banyak sekali penyakit neurodegenerative menyerupai Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis. Penelitian di kawasan yang sama juga menawarkan bahwa tumbuhan tersebut bisa mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.

Mengenal tumbuhan kayu bagus yang serba guna 

Tanaman kayu bagus berbentuk batang dengan diameter kecil, ukurannya bisa panjang ataupun pendek. Bagian luar dan dalamnya berwarna cokelat muda. Beberapa ciri kayu bagus ialah berkulit kasar, rasanya pedas, agak manis, hangat, dan baunya harum.

Hasil utama pohon kayu bagus ialah kulit belahan batang dan dahan. Sedangkan hasil lainnya menyerupai ranting dan daun akan diolah menjadi minyak atsiri.

Kulit dan hasil olahannya banyak dipakai dalam industri makanan, minuman, bumbu masak, farmasi, parfum, kosmetika, pengusir nyamuk dan industri rokok. Penggunaan kulit kayu bagus bisa dalam bentuk debu asli, minyak atsiri, ataupun oleoresin.

Sedangkan minyak atsiri  diperoleh dari kulit, ranting, dan daunnya, yaitu dengan cara penyulingan. Kandungan minyak atsiri dalam kulit kayu bagus 1,3 – 2,7 persen. Sementara itu, oleoresin diperoleh dengan cara ekstraksi memakai pelarut organik tertentu.

Simak juga : Kandungan dan Manfaat Teh Hijau Untuk Diet dan Kesehatan

Woow ! Menakjubkan. Ternyata banyak sekali manfaat dari tumbuhan kayu bagus ini. Tanaman ini sangat layak untuk dikembangkan dengan serius. Sehingga, keuntungannya bisa dirasakan maksimal bagi kesehatan dan kemakmuran masyarakat. Gimana, tertarik ?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment