Perbedaan Antara Teh Hijau Dan Teh Hitam

Orang-orang China telah minum teh selama ribuan tahun dan pada umumnya percaya bahwa minum teh yakni cara hidup yang sangat sehat. Ada dua teh yang sangat popular : teh hijau dan teh hitam.

Teh hijau (green tea) dan teh hitam (black tea) berasal dari rumpun yang sama yaitu Camellia sinensis. Keduanya juga sanggup dipetik dari pucuk paling atas tumbuhan yang sama. Makara apa perbedaan antara teh hijau dan teh hitam ?

orang China telah minum teh selama ribuan tahun dan pada umumnya percaya bahwa minum teh a Perbedaan Antara Teh Hijau dan Teh Hitam

Perbedaan teh hijau dan teh hitam

Beda teh hijau dan teh hitam yakni pada cara pengolahan dan oksidasi, satu proses kimia yang menyebabkan warna jadi kecoklatan.

Teh hijau

Untuk menghasilkan teh hijau : daun dipanen, layu, kemudian dipanaskan melalui uap (gaya Jepang) atau pan-firing (gaya cina). Proses ini menghentikan oksidasi sehingga daun tetap mempertahankan warna, rasa dan kesegarannya.

Teh hitam

Untuk menghasilkan teh hitam : daun dipanen dan layu kemudian dilumatkan, dirajang, mengeriting, atau digulung dan dibiarkan mengoksidasi sebelum dikeringkan. Akibatnya daunnya jadi lebih gelap, rasa dan aroma juga lebih kuat.

Teh mana yang lebih banyak mengandung kafein ? 

Teh hijau biasanya mengandung lebih sedikit kafein daripada teh hitam, namun tidak selalu demikian. Kandungan kafein sanggup bervariasi, tergantung pada varietas tanaman, pengolahan, dan metode pembuatannya.

Menurut Mayo Clinic, kandungan kafein teh hijau berkisar antara 24-40 mg per cangkir dan teh hitam berkisar antara 14-61 mg per cangkir.

Teh mana yang mengandung lebih banyak antioksidan ?

Baik teh hijau dan teh hitam keduanya mengandung antioksidan, yang sanggup mencegah kanker dan penyakit lainnya. Selama bertahun-tahun penelitian difokuskan pada khasiat kesehatan teh hijau. Studi terbaru mengatakan bahwa teh hitam juga mempunyai banyak manfaat.

Proses oksidasi ataupun non-oksidasi inilah yang menghasilkan kandungan antioksidan yang berbeda.

Jadi lebih sehat mana antara teh hijau dan teh hitam ?

Dr. John Weisburger menyarankan supaya orang tidak terlalu peduli dengan teh apa yang dikonsumsi. Sebab, baik teh hijau ataupun teh hitam, semuanya berasal dari jenis tumbuhan yang sama yaitu Camellia Sinensis. Perbedaan utama antara teh hijau dan teh hitam yakni pada cara teh itu dibuat.

Masih berdasarkan Weisburger, tidak ada masakan yang tepat (di dunia), jadi mengkonsumsi segala sesuatu itu harus secara moderat (tidak berlebihan).
Previous
Next Post »
Thanks for your comment