Pemanasan Global Dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Pengertian pemanasan global. Pemanasan Global (global warming) yaitu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi jawaban kerusakan hutan ataupun meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca. Selama satu masa terakhir suhu rata-rata bumi telah naik antara 0.74 ± 0.18 °C.

 dan daratan bumi jawaban kerusakan hutan ataupun meningkatnya konsentrasi gas rumah beling Pemanasan Global dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Pemanasan global berdampak luas pada terjadinya aneka macam perubahan di bumi menyerupai naiknya permukaan air laut, perubahan iklim dan cuaca ekstrim, ekosistem pantai, serta  volume dan contoh turunnya hujan / salju (precipitation).

Selanjutnya pengaruh pemanasan global lainnya yaitu menurunnya hasil pertanian baik secara kualitas maupun kuantitas, mencairnya gletser di kutub utara dan kutub selatan, punahnya aneka macam macam spesies binatang serta menghipnotis kesehatan manusia.

Dampak pemanasan global bagi kesehatan

Global warming berdampak jelek bagi keseimbangan ekosistem, dan kesehatan umat manusia. Beberapa pengaruh pemanasan global bagi kesehatan, contohnya yaitu :

#1. Penyakit infeksi

Perubahan iklim berdampak pada munculnya beberapa jenis penyakit abuh gres menyerupai ebola, flu burung, dan beberapa penyakit binatang yang sanggup menular kepada manusia. Penyakit yang paling rentan terjadi di Indonesia yaitu penyakit degeneratif dan penyakit menular. Hal ini sanggup dengan cepat berkembang pada masyarakat yang kondisi gizi kurang baik dan kondisi kesehatan lingkungan yang kurang memadai. (Dr. Wan Alkadri, Msc.)

#2. Penyakit kanal pernapasan 

World Health Organization juga menyatakan pengaruh pemanasan global lainnya yaitu penyakit kanal pernapasan. Bettina Menne, anggota WHO divisi Eropa mengatakan, "Gelombang panas menimbulkan jumlah materi dan bubuk di udara meningkat," Suhu udara yang semakin hangat juga membawa penyakit alergi.

Ancaman penyakit kanal pernapasan ini juga diperburuk dengan banyaknya kebakaran hutan baik disengaja ataupun alasannya yaitu panasnya cuaca.

#3. Penyebaran penyakit DBD dan malaria

Pemanasan global berdampak pada semakin singkatnya siklus perkawinan dan pertumbuhan nyamuk dari telur menjadi larva dan nyamuk dewasa. Akibatnya, jumlah populasi nyamuk berkembang sangat cepat. Ini terutama terjadi di daerah Afrika dan Asia. Dua penyakit serius jawaban gigitan nyamuk yaitu penyakit malaria dan demam berdarah dengue (DBD). Kedua penyakit ini sangat sensitif terhadap perubahan iklim. 

Kita sudah merasakannya eksklusif ganasnya kedua penyakit tersebut, yakni tingginya angka korban penderita demam berdarah dan malaria dibeberapa daerah..

#4. Penyakit jawaban penipisan lapisan Ozone 

 dan daratan bumi jawaban kerusakan hutan ataupun meningkatnya konsentrasi gas rumah beling Pemanasan Global dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Akibat jelek pemanasan global juga terjadi alasannya yaitu penipisan lapisan ozone, menyerupai meningkatnya intensitas sinar ultra violet. Intensitas sinar UV yang mencapai permukaan bumi menimbulkan gangguan terhadap kesehatan, menyerupai kanker kulit, katarak, penurunan daya tahan tubuh, pertumbuhan mutasi genetik, dan memperburuk penyakit-penyakit umum asma dan alergi 

#5. Penyakit yang berafiliasi dengan panas

Berikutnya pemanasan global juga sanggup menimbulkan terjangkitnya penyakit yang berkaitan dengan panas (heat stroke), terutama pada lansia dan anak-anak. Suhu yang panas juga sanggup menimbulkan kegagalan sektor pertanian, sehingga akan muncul kelaparan dan malnutrisi.

Selanjutnya perubahan iklim dan naiknya permukaan air bahari sanggup menimbulkan aneka macam musibah menyerupai banjir, angin ribut topan dan kebakaran. Dan musibah hampir selalu disertai dengan migrasi penduduk ke kantong-kantong pengungsian.

Di tempat pengungsian ini sering muncul penyakit, menyerupai : diare, gatal-gatal dan penyakit kulit lain, kurang gizi, defisiensi mikronutrien, stress berat psikologis, dan lain-lain.

Upaya untuk mengurangi pengaruh pemanasan global

Untuk mengurangi pengaruh pemanasan global tidak sanggup dilakukan sendirian, melainkan harus dengan melibatkan banyak pihak. Karena ini memang membutuhkan kesadaran dan partisipasi semua elemen masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari yang sanggup kita lakukan untuk mengurangi pengaruh global warming ini contohnya : mematikan perangkat kantor, komputer, dan lampu dikala istirahat atau tidak digunakan, pakai peralatan ekonomis energy, menghemat kertas, ekonomis pemakaian tisu, mengurangi pemakaian AC dll.

Selain itu juga menutup kran air dengan rapat, ekonomis air untuk mandi, gunakan mesin basuh hanya jikalau cucian banyak, panaskan air untuk minum seperlunya, menanam pohon di halaman dll.

Disaat bepergian kurangi pemakaian kendaraan beroda empat pribadi dan pakai kendaraan umum atau cukup dengan sepeda, matikan kendaraan beroda empat jikalau menunggu lebih dari setengah menit, memanaskan kendaraan beroda empat seperlunya saja, rajin merawat mesin  kendaraan dll.

Upaya diatas mungkin cuma “langkah kecil” yang kurang berarti, namun itu akan menjadi “lompatan besar” yang sangat bermakna jikalau kita melakukannya bersama-sama.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment